Hubungan antara user, program aplikasi, sistem operasi dan hardware computer

Sistem operasi berfungsi untuk mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras oleh berbagai program aplikasi serta para pengguna. Sistem operasi berfungsi agar computer dapat menjalankan program secara benar. Setiap sistem operasi memiliki sejumlah aplikasi-aplikasi yang digunakan oleh user.
Komputer digunakan untuk melakukan suatu proses yang dikehendaki user. Oleh karena itu harus ada suatu bentuk komunikasi antara user dan hardware. Komunikasi itu terjadi dalam bentuk system calls. Sistem operasi melalui shell-nya akan menangkap perintah dari user yang kemudian akan dikomunikasikan melalui system calls. Systems calls merupakan suatu mekanisme yang digunakan oleh program aplikasi untuk meminta layanan dari sistem operasi.
Ketika komputer diaktifkan, program yang disebut BIOS (Basic Input Output System) akan dijalankan. Program kecil ini menjadi mensinkronkan hubungan antara prosesor dan keyboard serta peralatan lainnya sehingga saat sistem operasi dimuatkan ke memori, semua perangkat komputer telah siap. Setelah itu, sistem operasi mulai menjalankan fungsinya sebagai pengendali perangkat keras yang ada di komputer.
BIOS merupakan bagian dari sistem software yang sangat penting yang levelnya lebih rendah dari OS, artinya software ini berinteraksi lebih dekat lagi dengan sistem Hardware. BIOS berperan sebagai perantara (interface/antarmuka) antara hardware (seperti chipset dan processor pada motherboard) dengan OS. BIOS memberikan aksesibilitas antara sistem hardware dengan software yang lebih tinggi levelnya yaitu OS (seperti DOS, windows95, Linux, dll). Bila OS sudah dapat beroperasi, maka program aplikasi lainnya, seperti Office, bisa dijalankan pula. BIOS mengatur pula setting hardware, seperti deteksi hard disk, optimasi kecepatan processor, booting saat menyalakan komputer, misalnya apakah komputer akan melakukan boot dari disket, hard disk, atau CD?, dan fungsi-fungsi sistem lainnya.

Comments :

0 komentar to “Hubungan antara user, program aplikasi, sistem operasi dan hardware computer”

Poskan Komentar

Daily Categories