Setting Jaringan komputer

Setting Jaringan komputer sulit? Ya, jika anda tidak tahu caranya. Tetapi jika anda tahu caranya, mensetting jaringan komputer itu mudah.
            Setting Jaringan komputer sulit? Ya, jika anda tidak tahu caranya. Tetapi jika anda tahu caranya, mensetting jaringan komputer itu mudah.
            Sebelum memulai, saya asumsikan anda mempunyai :
  1. 2 komputer atau lebih yang sudah terpasang “Network Adapter” pada masing masing komputer.
  2. Switch / Hub. Alat yang di perlukan untuk menghubungkan lebih dari 2 komputer. Jika hanya 2 komputer alat ini bisa tidak di gunakan.
  3. Kabel LAN untuk menghubungan komputer yang 1 dengan yang lainya. Jika anda mempunyai hanya 2 komputer anda bisa membeli kabel LAN di toko komputer dengan tipe “CROSS”.( Bilang saja kepada penjualnya anda inging menghubungkan 2 komputer secara langsung). Jika anda ingin menghubungkan lebih dari 2 komputer anda harus memiliki kabel LAN tipe Straight untuk setiap komputer yang dicolokkan pada switch/hub.

Setelah semua peralatan anda sudah tersedia mulailah kita melakukan setting jaringan. Anda harus mensettingnya disetiap komputer anda dengan cara :
  1. Klik Start à Connect To à Show All Connection. Atau Klik kanan Start à Explore. Pada menu folder yang ada di sebelah kiri ( berbentuk tree ) pilih My Network Places dengan Klik kanan à Properties.
  2. Klik kanan pada Local Area Connection à Properties.
  3. Pilih Internet Protocol (TCP/IP) lalu klik kiri 2x.
  4. Pilih Use the following IP Address.
  5. Isikan IP Address dengan 192.168.1.2 untuk komputer pertama, 192.168.1.3 untuk komputer kedua, 192.168.1.4 untuk komputer keempat, dst.
  6. Isikan Subnet Mask dengan 255.255.255.0 untuk semua komputer.
  7. Lalu klik ok.

Menentukan Nama Komputer dan grup kerja :
  1. Klik kanan pada My Computer à Properties.
  2. Pilih tab Computer Name.
  3. Klik tombol Change.
  4. Isikan Computer Name. ( Nama yang berbeda untuk setiap komputer ) Contoh : Komputer1, Komputer2,Komputer3,dst.
  5. Isikan Workgroup. ( sama untuk setiap komputer ) Contoh : Rumah.
  
Selamat, anda sudah selesai setting jaringan komputer. Untuk memastikan masing masing komputer sudah terkoneksi, lakukan dengan cara cara seperti ini :
  1. Klik Start à Run.
  2. Isi dengan CMD klik OK.
  3. Ketik Ping 192.168.1.3 ( jika anda melakukan pada komputer pertama dengan IP 192.168.1.2 ). Ini berarti anda mencoba untuk koneksi ke komputer kedua dari komputer pertama. Jika balasan yang di terima Request Time Out bearti ada masalah pada setting jaringan anda. Tetapi jik balasan Reply from 192.168.1.3 : ….. bearti anda berhasil melakukan setting jaringan.


Setelah terhubung lalu harus bagaimana? Tentu saja anda ingin berbagi file maupun printer sesama komputer, berikut ini cara sharing printer :
  1. Klik Start à Printer and Faxes.
  2. Klik kanan pada printer yang akan anda share à Sharing.
  3. Pilih Share printer.
  4. Lalu klik OK.

Cara akses printer yang sudah di share :
  1. Klik Start à My Computer.
  2. Pada Kolom Address isikan dengan Nama Komputer atau alamat IP dari Komputer yang menshare printer. Contoh jika komputer2(192.168.1.3) yang sharing printer. Komputer1 ( 192.168.1.2 ) ingin mengaksesnya, pada kolom address isikan dengan \\komputer2 atau \\192.168.1.3.
  3. Lalu akan muncul file dan printer yang di share.
  4. Kllik 2x pada printer yang dishare.
  5. Jika berhasil pada menu printer komputer1 akan di tambahkan komputer yang baru terkoneksi. Cek dengan cara klik Start à Printer and Fax. Akan tampil printer yang baru saja kita koneksikan.

Cara Sharing File :
  1. Klik kanan pada folder yang akan anda share à Sharing and Security. (Folder adalah bagian didalam My Computer Anda)
  2. Klik tulisan “If you understand the risk but still want to share the root of the drive, click here”.( jika tampil, jika tidak anda temukan lewatkan langkah ini )
  3. Pada bagian tengah ( Network Sharing and Security ) klik check box Share this folder on the network. Lalu isikan share name ( nama yang akan muncul di jaringan )
  4. Jika anda mempersilahkan komputer lain merubah isi folder tersebut klik check box allow netork user to change my files.
  5. Untuk mengakses file yang di sharing sama dengan mengakses printer yang di share.

Cara lain mengakses file dan printer sharing :
1.      Klik Start à My Network Places.
2.      Akan tampil semua file yang di share. Jika tidak ada mungkin windows belum mengindeksnya. Klik pada pilihan sebelah kiri “View Workgroups Computer”.
3.      Akan muncul semua nama komputer yang ada di grup kerja yang sama dengan grup kerja komputer yang anda pakai ( ingat isi Workgroup pada setting nama komputer dan grup kerja )
4.      Tinggal klik 2x pada komputer yang share file dan printer.


Comments :

0 komentar to “Setting Jaringan komputer”

Posting Komentar

Daily Categories

free counters